Friday, December 5, 2008

In the Court of the Crimson King

In the Court of the Crimson King

In the Court of the Crimson King (an observation by King Crimson) adalah album pertama dari King Crimson pada tahun 1969.

Album ini pokoknya adalah album yang mesti dipunyai oleh siapa saja, penggemar progreesive rock, jazz, free-style, pemusik dan penikmat musik yang sok-tahu dan pingin kelihatan nyeleneh supaya bisa kelihatan hebat di depan cewek yang ditaksirnya atau supaya kelihatan berwawasan. Album ini berulang kali di re-master dan di-rilis ulang pada piringan hitam dan CD pada era 80-90-an karena laku atau mungkin juga karena banyaknya para penikmat musik yang sok tahu yang membeli album ini untuk dipajang dan dipamerkan pada teman-temannya supaya dianggap tahu chord progression dan partitur . Setelah rekaman asli ditemukan, maka re-master pun makin menjadi-jadi.

Sampul Album

Barry Godber (1946–1970), seniman (dadakan karena hanya melukis satu kali yaitu sampul album ini) yang juga merangkap programmer computer, melukis sampul album ini, kemudian meninggal karena serangan jantung ketika melihat karya ciptanya sendiri setelah album ini diedarkan. Lukisan sampul album ini sekarang dimiliki oleh Robert Fripp, sang pentolan group ini.

Menurut Robert Fripp, dia amat terkesan dengan sampul album ini karena menampilkan seorang schizoid setelah makan bakso dengan sambel berlebih tapi ternyata tidak mempunyai uang sepeserpun, wajah yang tersenyum dengan hidung mekrok itu melambangkan kulit manusia yang kelihatan gembira tapi matanya, jika dilihat secara mendalam akan menampilkan kesedihan yang dalam dan kerapuhan pada jiwa.

Lalu, kemudian, pertanyaan yang muncul adalah kenapa ini mesti dibahas di sini? Jawabannya, karena gambar pada header itu adalah sampul album tersebut.

1 comment:

Anonymous said...

jangan lupa album Bitches Brew, biarpun ngelu ndengerin 5 lagunya, tapi paling tidak album ini dianggap lebih eklektik daripada albumnya Yes yang Topographic Oceans yang isinya tang tung ting nggak genah dan nggak jelas.

HORE!